Pendidikan

Sabtu, 29 Agustus 2009

“Kajian Prototipe Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW”

Kajian tentang prototipe kepemimpinan Nabi Muhammad Saw.. telaah atas sifat wajib Rasul ini dilakukan sebagai upaya mencari format kepemimpinan dalam pendidikan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw. kepada sahabat dan umatnya. Uraian dalam skripsi diawali dengan paparan singkat tentang figur Nabi Muhammad Saw. sebagai seorang pemimpin dilanjutkan dengan menggambarkan pola-pola, tipe-tipe dan sifat-sifat kepemimpinan pendidikannya dengan memfokuskan pembahasan pada kajian tentang sifat wajib Rasul sebagai prototype (model khas) Nabi Muhammad Saw. dalam memimpin keluarga, sahabat dan umatnya, yakni dengan melaksanakan keempat sifat wajib Rasul meliputi shiddiq, amanah, tabligh dan fathanah sebagai landasan utama dan prinsip Nabi Muhammad Saw. dalam kepemimpinan pendidikan.
Dalam upaya berikutnya untuk lebih memperjelas penelitian ini penulis mempergunakan metodologi penelitian yang bersifat tematik (maudhui) dengan cara melacak ayat-ayat yang membahas topik pembahasan sebanyak mungkin, kemudian dicari koreksi dengan didukung oleh pendapat-pendapat ulama/tokoh dengan mengkritisi ayat tersebut sehingga pembahasannya menjadi jelas dan dapat dipertanggungjawabkan hasilnya kepada khalayak.
Dari sini dapat kita temukan bahwa sifat wajib Rasul yang menjadi prototipe kepemimpinan Nabi Muhammad Saw. dalam pendidikan merupakan suatu hal yang sangat urgen untuk dicontoh dan diterapkan dalam dunia pendidikan sekarang ini. Sebab beliau merupakan rujukan utama bagi pendidikan kita khususnya pendidikan Islam untuk menerapkan sifat wajib Rasul sebagai sifat mulia yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin pendidikan. Untuk dapat dipahami bahwa sifat wajib Rasul merupakan prototipe Nabi Muhammad Saw. dalam memberikan contoh kepemimpinan pendidikan.

Label:

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda