Pendidikan

Sabtu, 29 Agustus 2009

Aspek-Aspek Pendidikan Kepribadian Menurut Hasan Al-Banna

Dalam kajian historis atas aspek-aspek pendidikan kepribadian menurut Hasan al-Banna, permasalahan yang ingin dijawab adalah aspek-aspek apa saja yang dituju dalam pendidikan kepribadian dan bagaimana implikasi aspek-aspek pendidikan kepribadian dalam perspektif Hasan al-Banna terhadap pembinaan diri remaja. Di sini penulis mengkaji beberapa buku yang ditulis langsung oleh Hasan al-Banna maupun oleh orang yang mengupas pemikiran-pemikiran Hasan al-Banna, dengan cara menuliskan, mengedit, mengklasifikasi, mereduksi dan menyajikan data serta menganalisisnya secara
kritis.
Hasan al-Banna, seorang tokoh pembaharu muslim modern yang memiliki latar belakang pendidikan tradisional Islam dan pemikiran Barat modern. Pada usia muda ia adalah nasionalis yang anti kolonialisme. Setelah dewasa berpaling pada revivalisme religius yang ingin memperbaiki komunitas kaum muslim. Dan cara yang efektif menurutnya adalah dengan dakwah dan tarbiyah. Sistem pendidikan yang dibangun al-banna bertitik tolak atas pendekatan melihat hakikat manusia sebagai pribadi yang holistik, yang meliputi aspek fikriyah, ruhaniyah dan jasmaniyah. Sebagai konsekuensi logisnya, maka pada tataran aplikasinya pendidikan diarahkan kepada pembentukan aspek-aspek tersebut secara seimbang dan integral.
Pendidikan kepribadian Hasan al-Banna yang mencakup aspek aqidah, intelektual, moral, sosial serta fisik semuanya dalam prosesnya harus berdasarkan pada Islam yang benar, yaitu dikembalikan hanya pada al-Qur’an dan sunnah Rasul. Ia harus independen, tidak tercampur oleh pemikiran-pemikiran yang bersimpangan dengan Islam.
Hasan al-Banna menjadikan remaja /pemuda sebagai sasaran utama tarbiyahnya. Melihat profil perilaku dan pribadi remaja yang menggambarkan adanya kegoncangan /belum mantapnya aspek-aspek dalam diri remaja seperti pada fisik, perilaku sosial, moralitas, religius, serta kognitif remaja yang itu bila tidak diarahkan benar-benar akan berakibat terbentuknya pribadi-pribadi yang kurang baik. Dengan aspek-aspek pendidikan kepribadian yang dicanangkan oleh Hasan al-Banna, permasalahan-permasalahan yang muncul pada diri remaja sedikit banyak akan dapat teratasi.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda